Kamis, 23 Oktober 2008

Tips Memilih FK PTS

. Kamis, 23 Oktober 2008

"kk aku bingung gmana kalo ga keterima snmptn? aku ga punya cadangan lo" ,
"aduh gimana ya kalo ga keterima?? jadi nganggur kan iks.."

keluhan-keluhan semacam itu sering saya dengar dari para siswa setiap tahunnya, yah wajar sih andaikan saya jadi mereka pasti akan mengeluhkan hal yang sama. Mengingat persaingan untuk memperebutkan kursi Fakultas Kedokteran PTN sangat ketat sekali, banyak siswa yang takut bahkan pesimis dan ragu apakah bisa berhasil dalam ujian SNMPTN. Hal ini menyebabkan mereka mempersiapkan alternatif universitas swasta sebagai cadangan jika mereka gagal SNMPTN. Menurut saya altnertif memilih cadangan di universitas swasta sah-sah aja, tapi yang perlu diingat jangan sampai alternatif ini justru menimbulkan kerumitan (baca : masalah) dikemudian hari. Banyak kasus (baca postingan saya yang ini) yang saya dengar dari para siswa, mereka merasa terjebak setelah mereka diterima di suatu PTS sebelum kelulusan ujian SNMPTN diumumkan.

Untuk menghindari masalah yang timbul dikemudian hari, hendaknya para siswa jeli dan cermat dalam memilih alternatif FK di PTS. Saya akan memberikan beberapa tips-tips dalam memilih FK PTS sebagai alternatif cadangan.
Yang perlu diperhatikan dalam memilih FK PTS adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah universitas swasta yang memiliki Rumah Sakit sendiri, ini sangat penting karena berhubungan dengan profesionalitas output dokter yang akan dihasilkan
  2. Baca dengan seksama isi perjanjian antara anda dengan pihak universitas, adakah point-point yang dapat merugikan anda. sebagai contoh mengenai pengembalian uang pendidikan jika anda diterima di PTN lewat seleksi SNMPTN atau UMB bersama.(baca ini juga)
  3. Pilih Universitas Swasta yang tidak mensyaratkan bahwa pengembalian uang pendidikan hanya jika siswa diterima di PTN tertentu saja. Perlu anda perhatikan, karena ini menyangkut uang besar dan masa depan anda. Pastikan bahwa uang pendidikan anda akan di kembalikan jika anda di terima di PTN manapun. (baca postingan yang ini ..)
  4. Cari informasi mengenai biaya-biaya yang harus anda keluarkan selama anda menjadi mahasiswa di universitas tersebut.

Semoga tip-tips di atas bisa membantu para siswa yang akan memilih FK PTS sebagai alternatif cadangan. Sebenarnya saya ingin memberikan informasi mengenai universitas swasta mana saja yang layak untuk dijadikan pilihan anda (menurut versi saya) tapi saya merasa kurang etis saja jika saya berikan disini (ntar dipikir promosi .. :ahaha: ), untuk itu bagi anda yang menginginkan informasi tersebut, silahkan request saya akan kirim via email.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan anda komentar di sini

Baca Via RSS Feeds

Masukkan Alamat e-mail kamu untuk mendapatkan Modul_modul dan Bimbingan Online di email kamu

 
Lembaga Pendidikan SigmA is proudly powered by Blogger.com | Template by kosidh