Senin, 20 Oktober 2008

Tanya Jawab Seputar FK UDAYANA

. Senin, 20 Oktober 2008

Ini di ambil dari forum diskusinya SigmA, tanya jawab seputar FK UDAYANA, semoga kalian yang mempunyai pertanyaan yang sama bisa terbantu oleh info ini, kalau masih ada pertanyaan lagi silahkan tanya aja ya...


sticky wrote:

kk, mau tanya nih,

1. denger2 unud dan unair masa studinya lebih cepet (normally) daripada unibraw, apa bener? trus bedanya sistem pendidikan di unud dengan d FK lainnya gmana?


Sebenarnya, pemerintah Indonesia lewat Menteri Pendidikan menyarankan pada seluruh fakultas kedokteran di Indonesia menetapkan kurikulum yang baru dengan tujuan profesi dokter dapat diperoleh hanya dalam waktu lima tahun (7 semester sarjana kesehatan, 3 semester profesi dokter). Lebih lanjut mengenai Standar Pendidikan Dokter bisa Anda download di sini : http://fk.unair.ac.id/download/download.asp?DownloadID=95
Hal tersebut dianjurkan karena masih minimnya tenaga medis di Indonesia, sedangkan pasien semakin membeludak setiap harinya. Secara umum, rata-rata lama pendidikan sampai mahasiswa bisa mendapat status profesi dokter adalah selama 5-6 tahun. Untuk Universitas Brawijaya, masa pendidikan dokter ditempuh selama 6,5 tahun.

sticky wrote:

2. Apa bener rumor unud hanya milik anak2 dari bali aja?

Tidak bisa dikatakan demikian, sebab calon mahasiswa yang disaring lewat SNM-PTN tentu berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Jadi, tidak benar kalau ada anggapan anak Bali yang lebih diutamakan masuk lewat ujian SNM-PTN (kebetulan saya bukan anak Bali), sebab faktor yang menentukan adalah kapabilitas masing-masing calon mahasiswa. Namun memang, untuk mahasiswa yang disaring lewat jalur PMDK, kuota yang disediakan bagi SMA-SMA di Indonesia paling besar diberikan pada SMA-SMA yang ada di Bali. Itu dikarenakan faktor geografis saja. Tentu hal yang sama diterapkan oleh universitas-universitas lainnya.

sticky wrote:

3. berapa total biaya, khususnya untuk mahasiswa baru FK di unud? mahal ga?


Untuk biaya, saya rasa tidak etis kalau saya bagi di forum umum macam ini. Kalau Anda masih ingin mendapat informasinya, silahkan Anda konfirmasi terlebih dulu kemudian saya akan mengirimkan datanya pada Anda lewat email.
Namun secara garis besar, biaya pendidikan dokter di universitas negeri tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan universitas swasta. Informasi mengenai biaya masuk mungkin bisa Anda dapat juga di website sigma ini.

sticky wrote:

thx ya:wave:


You're wellcome

_________________
~ andre is here ~

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan anda komentar di sini

Baca Via RSS Feeds

Masukkan Alamat e-mail kamu untuk mendapatkan Modul_modul dan Bimbingan Online di email kamu

 
Lembaga Pendidikan SigmA is proudly powered by Blogger.com | Template by kosidh