Senin, 20 Oktober 2008

Info FK Udayana

. Senin, 20 Oktober 2008

Kurikulum Fakultas Kedokteran Udayana
1. Tahap Pendidikan
Pendidikan dokter terdiri dari 2 (dua) tahap yakni pendidikan akademik dengan lulusan adalah Sarjana Kedokteran dan pendidikan profesi dengan lulusan adalah Dokter. Semenjak tahun 2003 pendidikan dokter mengacu pada pendidikan dokter internasional dalam beberapa lampiran competence based curriculum yakni competence base dengan menerapkan strategi intregrated, student centered, problem base dengan substansi bahasan yang disebut blok.


2. Pendidikan Sarjana

Pendidikan sarjana dilaksanakan dengan memanfaatkan learning strategi, learning situation dan metode assessment seperti tsb diatas. Pada awal menjadi mahasiswa diberikan Studium Generale untuk memberikan kemampuan dalam berpikir kritis, komputer dan internet, reading skill, dan spiritual aspec. Dan kemampuan dalam international medical communication.
Thema yang diberikan untuk kemampuan dalam bidang kedokteran adalah: Studium Generale, International Medical Communication, Cell as Biochemical Machinery, Growth and Deveploment, Professionalism, Basic Clinical Skills 1, Community-Based Practice, Health System-Based Practice, Medical Informatics, Basic Clinical Skills 2, Special Study 1, Hematologic System and Disorders and Clinical Oncology, Immune System and Disorders, Infection and Infectious Diseases, Visual System and Disorders, Basic Clinical Skills 3, Respiratory System and Disorders, Cardiovascular System and Disorders, Urinary System and Disorder, Reproductive System and Disorders, Basic Clinical Skills 4, Endocrine System and Metabolism and Disorders, Clinical Nutrition and Disorders, Alimentary and Hepatobiliary Systems and Disorders, Basic Clinical Skills 5, Special Study 2, Musculoskeletal System and Connective Tissue and Disorders, Neuroscience and Neurological Disorders, Behavior and Disorders, Basic Clinical Skills 6, Critical Care Medicine, Special topics (Medicine and International Travel, Alternative and Complimentary Medicine, Palliative Medicine), Basic Clinical Skills 7, Special study 3.
Catatan : semua lecture, study guide, dan reference diberikan dalam bahasa Inggris.

3. Pendidikan Profesi
Pendidikan profesi dilakukan di rumah sakit pendidikan RS Sanglah dan rumah sakit jejaring pendidikan selama 3 semester (2 tahun) melalui pendidikan di Bagian/SMF dalam menangani kasus dengan bimbingan dokter.

4. Pendidikan Spesialis
Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memiliki sepuluh program pendidikan dokter spesialis yaitu: Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Bedah, Obstetri Ginekologi, Psikiatri, Ilmu Kesehatan THT, Ilmu Penyakit Kulit Kelamin, Patologi Anatomi, ilmu penyakit syaraf dan anathesi dan kedaruratab medik.

5. Sistem Kelas dan SGD (small discussion group) ~ Tambahan
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana disediakan dua macam kelas dalam proses perkuliahan, yaitu kelas A (reguler) dan kelas B (Internasional). Kelas A disediakan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan mata kuliah dalam pengantar bahasa Indonesia - lecture, study guide, dan reference tetap diberikan dalam bahasa Inggris. Sedangkan kelas B diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan mata kuliah dalam pengantar bahasa Inggris (melalui proses seleksi TOEFL) dan di kelas ini mahasiswa Indonesia akan belajar bersama serta berkompetisi secara langsung dengan mahasiswa yang berasal dari Malaysia. Setiap mahasiswa di setiap kelas akan dibagi kembali dalam SGD (small discussion group) yang akan dirolling setiap semesternya. Dalam SGD, mahasiswa akan dituntut langsung untuk menempuh independent learning sesuai dengan competence based curriculum.

Demikian sekilas info yang bisa saya berikan Very Happy
Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk me-reply di topik ini.

Viva Hippocrates!!
_________________
~ andre is here ~



2 komentar:

Anonim mengatakan...

ospeknya udayana gmna kk? ngeri ya?

Anonim mengatakan...

Hae Andre! :)

ak ank FK UNS Solo. Btw..tlg tny dunk Ndre..info ttg pend spesialis?? Obgin terutama. Gmn prosedur2 pendaftarannya, hrs m'hub spa gt...ato info2 apa ajah lahh...

thx b4... :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan anda komentar di sini

Baca Via RSS Feeds

Masukkan Alamat e-mail kamu untuk mendapatkan Modul_modul dan Bimbingan Online di email kamu

 
Lembaga Pendidikan SigmA is proudly powered by Blogger.com | Template by kosidh