Selasa, 21 Oktober 2008

Sekilas Info Tentang FK UNPAD

. Selasa, 21 Oktober 2008

ap sich kelebihan FK UNPAD?
by: Imel_ro_cia

Wah banyak kalo kelebihannya , oke deh gw coba jelasin singkat ya, pokoknya ndak ada ruginya kalo kuliah di UNPAD

  1. FK UNPAD punya sistem baru yang di sebut PBL (Problem Based Learning) dimana anak2 FK UNPAD diajarkan dari awal untuk melihat kasus2 yang terjadi, membahasnya dalam diskusi serta melihat kasus tersebut dari aspek basic science, asal mula nya, perkembangan, pengobatan nya, etika nya dan lain2.... jadi kalian belajar melalui kasus2... sebab yang akan ditemui di kelapangan nanti adalh kasus bukan teori!
  2. FK UNPAD mempunyai program perkuliahan yang beda, dimana tidak hanya diajarkan teori kedokteran tetapi juga diajarkan tentang etika dan skill didunia kedokteran (misal:cara menghadapi pasien, cara mengukur tekanan darah, pernapasan, dan banyak hal lain nya.)
  3. FK UNPAD mempunyai masa perkuliahan yang relatif cepat. dalam 3 setengah tahun, mahasiswa FK UNPAD udah bisa menjadi sarjana kedokteran.(syarat: ga mengulang or di skorsing) dan dua tahun di tempatkan dirumah sakit (co-ass) dan setalah itu baru menerima gelar dokter. jadi total 5 setengah tahun. dan coba perhatikan masa di rumah sakit alias masa prakter nya panjang (2 tahun).
  4. mahasiswa FK UNPAD tahun pertama wajib masuk asrama. dan itu menyenangkan sebab asramanya mempunyai fasilitas yang lengkap. ada ruang band, fitness, t4 ping-pong, t4 karaoke-an dan kantin (tidak seperti asram wa in) dan dapat hotspot gratis (kayak gw nich bisa internetan kapan aj) tapi cuma setahun bis itu harus ngekost.
  5. ospek FK UNPAD tidak kejam dan mengerikan seperti kebanyakan universitas negri! disini kita lebih diajar gimana menghapi dunia kedokteran dan menjadi FIVE STARS DOCTOR (apa tuch? mw tw? masuk FK UNPAD dunk..... -promosi-)
  6. cuaca nya Enak ga terlalu panas, juga ga dingin banget.....
  7. di UNPAD banyak anak malasia dan hindia... bisa diajak latihan bahasa ing... (mereka se asrama ma org indo) hehehehe....
  8. biaya di FK UNPAD yang relatif murah untuk tahun 2008 uang pangkal nya 6jt dan setiap semester 2 jt. dan ada sedikit biaya ekstra untuk pembelian buku (tapi ada kakak2 yang bisa dipinjamin buku kok. jadi tenang aj)
  9. dan masih banyak lagi.... hehehehe....
tapi biar adil gw juga mw cerita kekurangan nya!
  1. ketatnya peraturan. seperti kehadiran harus 100% dan tidak ada nilai E agar bisa naik ke tingkat selanjutnya ( tapi sebenar nya itu unt kebaikan)
  2. daerah ny di pedesaan (dari bandung kota kira 45 menit perjalanan)mall ny cuma satu udah githu ga keren, hiburan susah dech. (tapi menurut gw itu bagus coz jadi ga jalan2 dan bisa belajar! heheheheheeee)
sekian dulu yaw info nya.... udah ngantuk. mw tidur dulu.....:sleep:(nge post info nya jam 2 malam sch!) hehehehehe..... klw mw tanya lebih lanjut, tanya aja!
oh ya, jangan lupa.... jadikan UNPAD sebagai bahan pertimbanagn untuk jadi dokter yang berkompetent . hehehehehe.....
GBU......
:wave:

5 komentar:

Anonim mengatakan...

kereeeeeeeeeeen, tapi susah ya masuknya?:-o
PBL apa tuch? jelasin dong :D

Anonim mengatakan...

PBL itu singkatan dari problem based learning.... yang arti nya pembelajaran yang di mulai dari sebuah kasus...

nah ntar tuch tiap minggu nya di kasih satu kasus dan kalian harus mulai mencari dasar penyebab kasus ini apa sich?!? trus basic science ap?!? bagaimana bisa terjadi, dll.

di tahun pertama sich rada susah dan puyenk unt PBL ini... tapi dari cerita ka2k kls katanya di tahun selanjutnya lebih enak karena kita bisa belajar secara mendetail tentang masalah2 clinis......

dengan PBL kita dilatih untuk punya kerangka berpikir dalam memecahkan suatu masalah(penyakit)....

udah ngerti lum???

kayaknya di UNiv laen ada juga yang pake sistem ini... tapi setahu saya baru PBL di unpad lebih teraplikasi! hehehehehe (-promosi-)

Anonim mengatakan...

kalo diunpad ada FK nya ngeluarin program ekstension ga? kalo iya tolong dong kasih info jadwal tes nya, sekalian biayanya ya.

Anonim mengatakan...

masalah PBL tuh bukan hanya di UnPad, di univ lain juga ada...
klu masalah guna apa g nya tuh tergantung dari pribadi kita sendiri, kamu mau g melatih dirimu sendiri untuk berpikir kritis dan ilmiah untuk memecahkan masalah yg dikasih, trs km juga dituntut untuk bisa mempertahankan argumenmu, makanya kamu hrs benar2 baca bnyk buku dan jurnal2 ilmiah tentunya yg valid
Klu di unair, pbl bkn barang baru lagi, bahkan kita biasanya ada dosen tamu dr univ2 lain atau dr luar negri jg(aku sih blm pernah dpt pas dosen dr luar negri)
PBL di unair jg berupa diskusi kelompok kcl(terdiri dr anak indo dan anak asing yg kul di unair, dan 1 org dokter)sampe pembuatan laporan dan presentasi (all in english)

Anonim mengatakan...

duh jadi pingin cepet lulus, pingin seperti kakak2 nih (dulu selalu juara ya??) , tapi susah ya nembus kesana musti pinter kayak kakak2 kan?
kak, mohon info ektstensi ntuk unpad ya? kak yani unair ya?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan anda komentar di sini

Baca Via RSS Feeds

Masukkan Alamat e-mail kamu untuk mendapatkan Modul_modul dan Bimbingan Online di email kamu

 
Lembaga Pendidikan SigmA is proudly powered by Blogger.com | Template by kosidh